komoditas

2013
Des
17
Budidaya Buah yang Bermanfaat untuk Pencernaan, Buah Pepaya
Oleh: IPB DIGITANI | Kategori: Komoditas | Topik: Agraria | Komoditas: Hortikultura, Hortikultura Buah, Pepaya

BUDIDAYA PEPAYA

Berasal dari daerah tropis di benua Amerika. Daging buahnya lezat, manis, karbohidrat, vitamin dan mineral. Selain itu pepaya juga mempunyai suatu enzim yang bermanfaat untuk pencernaan. Buah yang kuning dan matang bisa langsung dimakan,dibuat milkshake atau sebagai manisan. Buah yang masih belum matang pun masih bisa dikonsumsi sebagai sayuran untuuk dimasak.

 

KARAKTERISTIK VARIETAS RED LADY

Varietas Red Lady adalah varietas yang sudah mengalami seleksi di Taiwan dengan beberapa keistimewaan seperti:
1. Ukuran batang besar dan kuat. Batang utama berwarna merah muda dan hijau, cepat berproduksi, tanamannya pendek bahkan saat awal berbuah tingginya hanya mencapai 60 - 80 cm. Produktivitasnya tinggi, dalam 1 musim bisa berproduksi lebih dari 30 buah per tanaman.
2. Tahan serangan  hama dan penyakit, dapat ditanam dilahan biasa (tidak perlu di green house) namun kondisi penanaman di dalam green house akan lebih stabil.
3. Ukuran buah tergolong besar. Beratnya berkisar 1.3 - 2 kg, bahkan mencapai 3 kg, kulit buah licin dan bagus, daging buah tebal berwarna merah dengan serat yang halus, aromanya harum, lezat, dengan kadar gula 13%, serta mempunyai penampilan fisik yang bagus. Varietas Red Lady juga bisa dikonsumsi sewaktu masih hijau untuk sayuran, selain itu juga bisa diolah menjadi manisan karena produksinya banyak, buahnya besar dan dagingnya tebal.

 

IKLIM DAN TANAH
Pepaya termasuk buah tropis dengan sifat-sifat fisik seperti: batangnya tinggi, tangkai daun kecil dan panjang, rentan tehadap serangan hama dan penyakit. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk budidaya. Antara lain:

1. Syarat Iklim
Pepaya tumbuh dan berkembang di daerah tropis dengan ketinggian 1500 mdpl, terletak di 32 derjat LU - 32 derajat LS. Optimum tumbuh di suhu 22-26 derajat celcius. Faktor lama penyinaran kurang berpengaruh, namun pada masa produksi perlu sinar matahari yang cukup untuk meningkatkan kualitas buah.

2. Drainase
Pepaya cocok ditanam pada tanah jenis berpasir dengan sirkulasi udara dan drainase yang baik. Sebab jika tanaman terendam air selama 24-48 jam akan menyebabkan busuknya akar, menjalar ke batang selanjutnya lama kelamaan tanaman layu dan akhirnya ati. Maka untuk menciptakan lahan denga drainase yang baik, bisa dipilih cara budidaya dengan sistem bedengan yang dilengkapi dengan saluran pembuangan air yang baik. Namun sebaliknya di saat musim kemarau kebuthan air harus tetap tercukupi karena pepaya mempunyai sistem perakaran yang dangkal.

3. Kualitas Tanah:
Tanaman pepaya cocok tumbuh di tanah yang subur, gembur dan mengandung bahan organik. Penanaman pada tanah berlempung dengan sirkulasi udara yang rendah akan mengakibatkan pembusukan akar dan pendeknya umur tanman. Apabila ditanam di tanah yang kurang subur dan kandungan bahan organiknya rendah akan mengakibatkan rendah pula kuantitas dan kualitas buah. Penanaman di tanah pasir dengan sedikit kandungan bahan organik, akan memicu terjadinya defisiensi unsur Borax pada saat musim kemarau yang bisa menyebabkan bentuk buah tidak rata. pH optimum untuk pertumbuhan dan perkembangan pepaya adalah 6 -  6.5. Harus dilakukan rotasi dengan famili lain untuk mencegah serangan hama dan penyakit yang lebih serius. Namun apabila kondisi memaksa untuk ditanam ulang pada areal yang sama, dalam waktu minimal 1 tahun areal tersebut tidak boleh ditanami (istirahat).

 

BUDIDAYA
1. Pengolahan tanah, Perataan Tanah, dan Penanaman:
Pada areal penanaman komersial sebaiknya sebelumnya ditanami tanaman pupuk hijau (Crtalaria juncea atau sesbasnia). untuk memperbaiki sifat fisik tanah. Pada saat tanaman pupuk hijau sudah mencapai ketinggian tertentu bisa dihancurkan dengan traktor dengan tujuan agar hancur dan bercampur dengan tanah dan akan mengalami fermentasi. Setelah 15 - 20 hari baru akan dilakukan pengolahan tanah lanjutan atau perataan tanah. Pada saat itu juga bisa ditambahakan kompos sebanyak 20.0000 - 25.000 kg per ha, pupuk NPK sebanyak 60 kg dan pupuk Borate 1 kg. setelah tercampur rata dengan tanah dilakukan pembedengan dengan jarak antar bedeng 2,7 meter dan jarak tanam 2 m, kemudian ditutup dengan plasik mulsa hitam perak dengan bantuan 4 orang untuk memudahkan pemasangan. Apaila sudah selesai bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu penanaman.

2. Pemupukan Susulan:
Pemberian pupuk pada awal fase pertumbuhan atau selama 6 bulan sejak dari penanaman, dititik beratkan pada pupuk dengan  komposisi Nitrogen. Tahap selanjutnya agar tanaman pepaya bisa tumbuh maksimal dan berbuah normal perlu diberi pupuk majemuk dalam jumlah yang cukup setiap 20-30 hari sekali. Tunah lateral yang tumbuh seawal mungkin dihilangkan, supaya tidak menghambat pertumbuhan tanaman, penyerapan air dan unsur hara yang diperlukan tanaman. Selain juga akan mengganggu sirkulasi cahaya dan menyebabkan mudah terserang penyakit. Pada awal proses vegetatif haru dijaga agar tidak terjadi penyerbukan yang tidak sempurna dan bentuk buah yang tidak rata. Untuk itu perlu penjarangan untuk menyisakan buah yang bentuknya bagus dan sehat saja di pohon. Daun yang tua dan kering harus dibuang karena dapat menghambat proses fotosintesis dan menyerap zat-zat makanan yang diperlukan tanaman.
Fungsi lain adalah agar sirkulasi udara lancar dan bisa menurunkan tingkat serangat hama penyakit. Pemupukan tahap selanjutnya dilakukan kira-kira 2 bulan sebelum panen. Pada pemupukan ini dititik beratkan pada jenis pupuk yang mengandung unsur Kalium atau bisa dipilih jenis pupuk majemuk yang kandungan Kaliumnya tinggi. Sebelum pemupukan lahan harus diari terlebih dahulu hingga mencapai kapasitas lapang. Pemupukan ini diulang tiap 20-30 har sekali untuk meningkatkan kemanisan buah.

3. Pemberian Tiang Penyangga dan Penyiangan Gulma
Pada masa produksi, tiupan angin bisa merobohkan tanaman hingga akarnya keluar. Untuk menghindari kondisi tersebut perlu diberi tiang penyangga dengan jarak 30 cm dari tanaman, yang selanjutnya diikat dengan batang utama dengan tali ravia. Penyiangan gulma harus hati-hati, tidak boleh terlalu dalam karena sistem perakaran tanaman dangkal. Penggunaan herbisida bisa dilakukan namun dalam kondisi tidak ada angin dan hati-hati. Pemakaian mulsa PHP bisa menekan pertumbuhan gulma dan berfungsi untuk mengurangi penguapan air.

 

Masa Panen
4-5 bulan setelah tanam, buah akan mulai muncul dan 4 bulan sesudahnya buah akan siap panen. Pepaya siap dipanen apabila sudah ada 3-4 buah semburat kuning pada permukaan kulitnya atau kuning semuanya. Jika menghendaki buah yang maseih mudah bisa dipetik saat buah belum masak namun umur buah sudah maksimal.

Oleh : Lai Ming Tsun: ADC LPPM IPB Cikarawang

 

 

Gambar Terkait:

2.jpg 3.jpg

Anda harus Login untuk memberi Komentar

Daftar Komentar

Komentar tidak ditemukan

Terpopuler

2014
Okt
25
cara untuk membesarkan umbi bawang merah
Oleh: andi prasetyo

assalamualikum, saya andi mahasiswa igtf pekalongan 2014. petani di desa curug muncar kec.petungkriyono kab.pekalongan, ingin menanyakan pertanyaan dari petani tentang - Selengkapnya

Dilihat (34024) Komentar (16)
2013
Des
18
budidaya pertanian organik tanaman tanpa memakai pupuk kimia dan pestisida kimia
Oleh: IPB DIGITANI

BUDIDAYA SAYURAN ORGANIK Pertanian organik adalah teknik budidaya tanaman tanpa memakai pupuk kimia dan pestisida kimia. Untuk meningkatkan keberhasilan budidaya sayuran organik, - Selengkapnya

Dilihat (26120) Komentar (3)
2014
Jun
18
bagaimana cara penanggulangan hama burung pipit
Oleh: KIM Banjarjo Kota Tua

Kecamatan Padangan adalah salah satu Produsen Padi Terpenting diwilayah Kabupaten Bojonegoro bagian barat, luas sawah dikecamatan +/-  1000 hektar dan - Selengkapnya

Dilihat (19041) Komentar (3)
2015
Agu
12
penyakit kuning pada tanaman cabai
Oleh: Valiana Aprilleria

Assalamualaikum, Bapak/Ibu. Saya tim IGTF dari Magelang. Saya ingin bertanya mengenai penyebab penyakit kuning (daun kuning) pada tanaman cabai? Apakah - Selengkapnya

Dilihat (18191) Komentar (6)
2014
Sep
17
daun padi menguning dan mati
Oleh: kim deru maju

Salam hormat. perkenalkan kami dari kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Deru maju dari Desa Deru Kecamatan Sumberrejo Kab. Bojonegoro Jatim. beberapa - Selengkapnya

Dilihat (14437) Komentar (8)

Berita

2020
Nov
13
ternak indonesia dilirik malaysia, jepang dan australia
Oleh: IPB DIGITANI

BOGOR -- Budi Susilo Setiawan, SPt, owner Mitra Tani Farm (Peternakan Domba Terpadu) berkesempatan membagi - Selengkapnya

Dilihat (427) Komentar (0)
2020
Okt
17
press conference - hari pangan sedunia dan launching indonesia food system summit 2021
Oleh: IPB DIGITANI

SIARAN PERS-KRKP-TANI CENTER LPPM IPB Saatnya Sistem Pangan yang berdaulat, adil dan resilien!   Bogor, 15 Oktober 2020 Peringatan - Selengkapnya

Dilihat (443) Komentar (0)
2020
Okt
16
webinar observasi & handling sampel hama dan penyakit tumbuhan dari lapangan
Oleh: IPB DIGITANI

Dalam rangka kegiatan identifikasi hama dan penyakit pada 4 koomoditas yaitu sirih, pinang, jambu mente, - Selengkapnya

Dilihat (422) Komentar (0)